Ocim
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tips Sehat Berpuasa Pada Penderita Maag

Tips Sehat Berpuasa Pada Penderita Maag
Pasien maag tak bisa telat makan serta perut kosong. Walau demikian waktu bln. Ramadhan, umat Islam harus menggerakkan puasa. Lalu bagaimana caranya berpuasa untuk pasien maag? 
 
Sebelum saat mengulas lebih jauh perihal bisa atau tidaknya puasa untuk orang yang sakit maag, marilah kita kenali lebih dahulu perihal sakit maag itu sendiri. 
 
Sakit maag dibagi dua, yakni sakit maag fungsional serta maag organik. Sakit maag fungsional yakni sakit maag yang dikarenakan lantaran pola makan yg tidak teratur, makan makanan berlemak, pecandu kopi, minum minuman yang bersoda, merokok serta stress. Sakit maag fungsional berlangsung bukan hanya lantaran rusaknya didalam lambung. Sedang sakit maag organik yakni sakit maag yang dikarenakan lantaran terjadinya rusaknya saluran pencernaan hingga mengakibatkan kerjanya tak normal serta mengakibatkan maag. Rusaknya itu seperti seperti tukak lambung, tukak usus duabelas jari, GERD (Gastroesophageal reflux disease), polip atau kanker di kerongkongan, usus duabelas jari serta lambung. 
 
Menurut macamnya, pasien maag fungsional malah bakal membaik bila melakukan puasa. Pasalnya pola makan saat puasa jadi lebih teratur serta kurangi makanan yg tidak sehat pemicu maag. Bila umumnya saat tak puasa kerap ngemil makanan seperti keripik, gorengan, makanan berlemak serta makanan pedas dan kerap minum kopi, maka saat puasa makanan seperti itu bakal dapat dihindari. 
 
Tetapi untuk pasien sakit maag type ke-2 yakni maag organik dimana ada masalah atau rusaknya pada saluran pencernaan maka tak diijinkan melakukan puasa. Pasien maag organik yang alami perdarahan pada lambung dengan tanda-tanda muntah darah atau buang air besar dengan warna hitam yang berlangsung berkali-kali baiknya di rawat dirumah sakit. Pasien maag type ini tak bisa melakukan puasa hingga sakitnya dinyatakan pulih oleh dokter.
 
Supaya pasien maag bisa berpuasa dengan nyaman, tersebut tips-nya : 
  • Jangan sempat lupa sahur serta berbukalah selekasnya saat saat berbuka 
  • Untuk yang menanggung derita maag kritis, terus minum obat dengan sesuaikan waktunya seperti saat berbuka, tengah malam serta saat makan sahur. 
  • Lakoni beribadah Shalat Tarawih dengan rajin 
  • Perbanyak konsumsi sayur serta buah saat sahur serta berbuka 
  • Banyak minum air dengan cara berkala dari berbuka hingga saat sahur 
  • Cukup istirahat serta tidur tetapi tak bisa berlebihan 
Tetaplah lakoni puasa dengan benar supaya sakit maag yang Anda derita tak kambuh saat berpuasa. Tetapi jika sakit maag yang Anda alami makin kronis lantaran melakukan puasa, baiknya tanyakan dengan Dokter atau pakar.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 01 Juli 14 - 11:18 WIB
Dalam Kategori : MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI KETIKA SAHUR DAN BERBUKA, PUASA UNTUK PENDERITA MAAG
Dibaca sebanyak : 879 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback